Berbagi cerita pengalaman 9 bulan menjadi Contributor Shutterstock

Setelah 9 bulan mencoba peruntungan jualan vector di Shutterstock ada beberapa pengalaman yang bisa saya share ke teman-teman, marketplace ini adalah yang paling laris untuk Royalti Free Microstock. Kadang bila terlihat sales cukup banyak, penulis jadi rajin membuat vector bahkan hingga 10 image vector sehari bisa penulis selesaikan. Namun terkadang datang rasa malas atau fokus dengan kegiatan lain hingga sebulan tidak upload sama sekali.

Gambar vector yang saya upload terkadang tidak sesuai dengan prediksi menghasilkan banyak sales, vector yang di buat sangat detail tidak menjamin dibandingkan yang simple saja yang pengerjaannya hanya beberapa menit dan langsung upload. Penulis akan share contoh gambar yang menurut prediksi penulis lebih menjual tetapi ternyata kalah dengan yang simple dan terkesan asal jadi.

Karena penulis termasuk pemalas dan juga karena microstock hanyalah sambilan bagi penulis hingga 9 bulan ini, marketplace utama saya "Shutterstock" baru punya portfolio sekitar 450 vector, mungkin teman teman pembaca akan tertawa melihat kemalasan saya, jadi selama 9 bulan saya upload image rata-rata 50 image/bulan, atau rata-rata 1.6 vector sehari, sangat sedikit bukan, rekan Graphic Designer lain yang masih muda mungkin bisa upload 50 gambar sehari.

Shutterstock

Marketplace ini adanya di www.shutterstock.com, kalau belum menjadi contributor bisa cek di link ini  semua akan dijelaskan bagaimana cara & persyaratannya. rata-rata penjualan saya disini sekitar 80 gambar sebulan (sedikit ya... he he namanya juga pemalas) tapi bila setiap hari upload, sales akan bertambah setiap bulannya, bandingkan sales saya awalnya cuma 20-30 perbulan, teapi seiring dengan bertambahnya portfolio maka sales juga akan meningkat (tentunya yang punya nilai jual ya, penulis juga akan sedikit menjelaskan image yang mempunyai nilai jual)

Berikut ini adalah gallery saya di Shutterstock :



Sebelumnya sudah saya ceritakan tentang vector yang dibuat sangat detail tetapi tidak mepunyai nilai jual dibandingkan dengan yang punya nilai jual, anda bisa lihat logo pesawat kertas pada gambar di atas itu juga cukup laris walaupun tidak dibuat detail.

Memang saya banyak membuat gambar islamic art karena ternyata gambar-gambar tersebut cukup laris di Middle East dan Negara-negara islam lainnya, bahkan dari Amerika dan beberapa negara Eropa gambar Islamic tadi juga cukup laris.

Gambar di bawah adalah gambar yang saya buat cukup detail tetapi kurang memiliki nilai jual, anda mungkin bisa menganalisa mengapa gambar ini kurang memiliki nilai jual?


Berapa sih penghasilan dari shutterstock?

Saat ini penulis masih mengandalkan penghasilan lain diluar shutterstock, karena memang saat ini belum cukup unutuk kebutuhan sehari-hari, paling hasil dari shutterstock cukup untuk beli sayur atau beli pulsalah.... tapi patut diingat bahwa penghasilan kita akan terus mengalir walaupun kita berhenti upload, dan dana akan masuk otomatis ke rekening bank lokal Indonesia (akan saya jelaskan kemudian untuk sistem pembayaran).

Untuk sekali download bagi subscriber (Pelanggan Shutterstock) adalah $0.25 atau sekitar 3500 Rupiah kalau mereka download on-demand artinya tidak berlangganan kita dapat royal $1.88, kalau Single & Other (artinya subscriber sudah langganan tetapi kehabisan kuota) kita dapatnya $0.58, dan ini yang paling enak kalau Extended Licence (Image kita di cetak lebih dari 500.000 exsemplar, dimuat di website atau media TV) dapatnya $35. Level Pay per download (PPD) akan meningkat pada level total penjualan $500, $3,000 & $10,000.



Pembayaran minimal $35 perbulan yang akan dihitung Akhir bulan pukul 00.00 waktu amrik sana. Artinya bila belum mencukupi $35 akan di kalkulasikan pada bulan berikutnya. Saat ini penulis belum cukup penghasilan untuk transfer bulanan, saat ini penulis masih dapat bayaran per 2 bulan karena rata rata pemasukan penulis cuma $25 sebulan, jadi terpaksa deh digabungin bulan berikutnya.... he he buka-bukaan biar rekan2 graphic designer bisa tahu penghasilan real microstock (Tetapi patut diingat sekali lagi bahwa penulis adalah graphic designer pemalas, rekan2 tentu lebih rajin).

Pembayaran?

Setiap akhir bulan akan dikalkulasi pembayaran apakah cukup dana minimal sales kita untuk di cairkan ($35), jangan khawatir pembayarah akan otomatis akan dibayar ke Account yang didaftarkan. Jadi tidak perlu request payment.

Apa aja acoountnya?

Ada Bank Transfer (wah ini ada biaya transfernya & cukup mahal), BankSkrill, Paypal juga bisa....
Tapi yang paling banyak di gunakan oleh contributor saat ini adalah Payoneer karena di payoneer ini bisa kita daftar rekening bank lokal kita dan karena perjanjian dengan shutterstock tidak ada biaya transfer untuk account ini.

Nyampe duitnya berapa lama?

biasanya untuk hitungan akhir bulan akan dibayarkan oleh shutterstok ke payoneer maksimal tanggal 7 bulan berikutnya dan akan masuk rek bank lokal kita paling lambat tanggal 15. Lama ya... he he sabar nanti akan terbiasa dengan perputaran gajian tanggal 15.

Image yang laris?

Seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya gambar vector apa sih yang paling laris? (Shutterstock juga marketplace photo, video Footage dan juga music, tapi karena penulis tidak punya pengalaman di situ jadi gak bisa cerita deh).

Pelanggan shutterstock terbanyak adalah agensi iklan, media (TV, Cetak dll), graphic designer profesional, presenter (gambar untuk presentasi powerpoint), dan juga individual yang menghargai hasil kerja author (gak mau & gak berani bajak image orang - di amrik dan Eropa sana bisa dituntut dan biayanya mahal).

Jadi bagi pelanggan tersebut butuh yang memudahkan mereka, seperti contoh design element, pekerjaan rumit seperti cover quran yang penulis lakukan... he he sok banget, image tentang bisnis yang memudahkan presenter (penulis membuat beberapa image tentang six sigma dan cukup laris). Mereka maunya hanya fokus dengan konsep sedangkan detailnya biar kita-kita ini yang lakukan... maklum mental kuli... he he he. Oh... iya juga harus tahu moment seperti Tahun Baru, Natal Idul Fitri (Pelanggan negara Islam juga banyak lho), moment perayaan di Amrik dan Eropa seperti Thanksgiving dll. Terakhir karena moment piala dunia Russia 2018, gambar Icon Bendera Peserta piala dunia yang sudah penulis buat belakangan ini cukup laris.



Sekian dulu ya untuk shutterstock, lain kali kita bahas marketplace microstock yang lain.


Comments

  1. Terimakasih atas sharing pengalaman Bung yang menginspirasi.
    Salam kenal, saya juga seorang microstocker (kalau ndak salah sejak 2013). Maaf, bukan sombong nampaknya saya lebih pemalas dari Bung :-) _hingga, sampai saat ini portofolio saya tak lebih dari 50 gambar.

    Terima kasih juga untuk sharing portofolio Bung_saya sudah lihat2. Dan sebagai salam perkenalan, saya share juga ling portofolio saya...

    https://www.shutterstock.com/g/bayu%20prahara

    Salaam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bung Bayuprahara... qty bukan jaminan larisnya image kita... pastinya kualitas yang yang jadi acuan... tapi lebih baik kan kalau ada kualitan dan juga qty.... saat ini saya baru sekitar 700an image vector.... itupun upload bila lagi pingin aja... tapi seperti kata pepatak ortu dulu... kesabaran pasti ada hasilnya.... Good Luck

      Delete
  2. apa boleh 1 image, bisa di apply ke berbagai microstock? apa ada punishment?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Kok kita apply untuk beberapa market microstock, asalkan kita tidak menjadi contributor Exclusive (Artinya gambar/Photo harya untuk microstock yang bersangkutan), jika dilanggar, kemungkinan account kita akan di Banned, sayang kan udah capek2 ngebangun malah gak bisa hasilin duit

      Delete
    2. cara tau kita jdi contributor exclusive apa gan?
      misal di shutterstock..
      maaf banyak nanya..ckckkck

      Delete
  3. Kalau di iStock (Getty Images Group) biasanya akan ada penawaran setelah melalui proses tertentu, biasanya masalah kualitas image, bila di Dreamstime waktu sign up langsung bisa milih ( malah dapat komisi upload $ 0.20 per upload approved, namun juga bisa exclusive di image saja, artinya kita milih imagenya saja yang Exclusive (tapi gak dapat komisi upload, keuntungan hanya harga image kita jadi lebih tinggi

    ReplyDelete
  4. Apa blog ini juga ada pembahasan khusus mengenai metode pembayarannya?

    ReplyDelete
  5. Wah seneng banget bisa nemu artikel ini. thanks for you sharing ya kak... oh ya kak saya mau nanyaaa, kalau misal upload karya yg ada fontnya itu gimana ya kak ijinnya apakah boleh langsung upload?

    ReplyDelete
  6. SHUTTERSTOCK TIPS AND TRIK
    BACA DISINI

    http://www.senidarilangit.com/2017/01/cara-menghasilkan-dollar-dari-hobi-foto.html?m=1

    ReplyDelete
  7. wuiih, mantap, bisa buat sumber inspirasi baru nich..
    ditungu jg kunjungan baliknya ya oms
    https://lapakfoto.com

    ReplyDelete
  8. Terimakasih gan.,mampir jg gan.

    https://lixmedia.blogspot.com/
    https://arabitzone.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. terima kasih sangat menginspirasi bang

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Microstock tempat jualan Foto dan Vector, 5 paling populer